Abstrak dan Makalah

Abstrak

Abstrak Berbahasa Indonesia, maksimal 1 (satu) halaman menggunakan kertas ukuran A4, diketik dengan hurus Times New Roman 12, spasi tunggal. Margin Kiri 3,5 cm, Kanan 2,5 cm, Atas 3 cm, Bawah 3 cm. Abstrak harus memuat judul, nama penulis dan pendamping, institusi, dan alamat email. Susunan abstrak terdiri dari:

  • Untuk penelitian yang telah selesai seluruhnya atau sebagian, mencakup setidaknya latar belakang, tujuan, metodologi, hasil, serta kesimpulan.
  • Untuk rencana penelitian mencakup setidaknya latar belakang topik, tujuan yang ingin dicapai, metodologi yang diusulkan, serta gambaran hasil yang diharapkan.

Makalah

Makalah berbahasa Indonesia maksimal 10 halaman menggunakan kertas ukuran A4, spasi tunggal, dan satu kolom, Huruf Times New Roman 12.  Batas Margin Kiri 3,5 cm, Kanan 2,5 cm, Atas 3 cm, Bawah 3 cm. Susunan makalah terdiri dari:

  • Untuk penelitian yang telah selesai seluruhnya atau sebagian, meliputi Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka atau Dasar Teori, Metoda Penelitian, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
  • Untuk rencana penelitian disesuaikan dengan standar format penulisan proposal peneltian meliputi Latar Belakang, Identifikasi Permasalahan, Tujuan, Metoda Penelitian, Tinjauan Pustaka, dan Daftar Pustaka.

Template format abstrak dan makalah dalam MS-Word dapat diunduh di sini.